• Sabtu, 3 Desember 2022

Hadits Arba'in Nawawi: Tidak Hanya Harta Tapi Semua Hal Bisa Disedekahkan

- Sabtu, 3 September 2022 | 07:25 WIB
Sikap Muslim terhadap orang lain (Werner Pfennig)
Sikap Muslim terhadap orang lain (Werner Pfennig)

TINEMU.COM - Imam Al Bukhari dan Imam Muslim sama-sama sepakat dan meriwayatkan sebuah hadits yang bersumber dari kesaksian Abu Hurairah bahwa Rasulullah SAW pernah berkata yang intinya ada banyak hal dari kehidupan seorang anak manusia yang bisa dijadikan sedekah, tidak hanya dari harta saja.

Hadits ini dimasukkan oleh Imam Nawawi ke dalam kumpulan Hadits Arba'in yang dibuatnya karena dianggap sebagai salah satu hal utama dari Rasulullah SAW yang bisa ditiru dan dilakukan oleh pengikutnya sebagai bagian dari kehidupannya sehari-hari.

Terlebih karena berkenaan dengan kondisi yang lebih umum ditemui di dalam masyarakat yaitu tidak banyak yang memiliki harta berlimpah yang bisa dengan mudah digunakan untuk bersedekah, maka apa yang dimaksud dalam hadits ini jauh lebih mudah dilakukan oleh siapa saja. Dan dengan menyadari isi hadits ini, diharapkan akan banyak orang yang bersyukur pada keadaannya, dan tetap berlomba-lomba dalam melakukan kebaikan.

Baca Juga: Laura Basuki: Warisan Budaya Indonesia Bukan Sekadar Sejarah

Demikianlah isi dari hadits Arba'in Nawawi ke 26 yang dimaksud; 

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رضي الله عنه قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صلى الله عليه وسلم: كُلُّ سُلاَمَى مِنَ النَّاسِ عَلَيْهِ صَدَقَةٌ كُلُّ يَومٍ تَطْلُعُ فِيْهِ الشَّمْسُ: تَعْدِلُ بَيْنَ اثْنَيْنِ صَدَقَةٌ، وَتُعِيْنُ الرَّجُلَ فِي دَابَّتِهِ فَتَحْمِلُه عَلَيْهَا أَوْ تَرْفَعُ لَهُ عَلَيْهَا مَتَاعَهُ صَدَقَةٌ، وَالْكَلِمَةُ الطَّيِّبَةُ صَدَقَةٌ، وَبِكُلِّ خُطْوَةٍ تَمْشِيْهَا إِلَى الصَّلاةِ صَدَقَةٌ، وَتُمِيْطُ الأَذَى عَنِ الطَّرِيْقِ صَدَقَةٌ. رَوَاهُ الْبُخَارِيُّ وَمُسْلِمٌ

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata:

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

”Setiap persendian dari manusia itu ada sedekahnya pada setiap hari yang matahari terbit padanya. Berbuat adil antara dua orang adalah sedekah, menolong seseorang dalam urusan kendaraannya membantunya agar bisa menaiki kendaraannya atau engkau angkatkan barang-barangnya ke atas kendaraannya itu juga sedekah. Sebuah ucapan yang baik adalah sedekah, setiap langkah yang kamu ayunkan menuju tempat shalat adalah sedekah dan engkau menyingkirkan gangguan dari jalan adalah sedekah”. (HR. Bukhari dan Muslim).

Baca Juga: Jadikan JF3 Ajang Kebangkitan Fesyen dan Kuliner Nusantara

Halaman:

Editor: Dedy Tri Riyadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gus Baha: Manusia Harus Ingat Zaman Dulu Bagaimana?

Minggu, 6 November 2022 | 10:45 WIB

Mengenal Al Kindi: Filsuf Muslim Pertama (1)

Kamis, 13 Oktober 2022 | 21:51 WIB

Kisah-kisah Karomah Syekh Sufi Ibrahim bin Adham

Jumat, 23 September 2022 | 21:43 WIB
X