• Sabtu, 3 Desember 2022

Gus Baha: Meski Caraku Menyembah-Mu Keliru, Tapi Menyembah-Mu Tetap Hal yang Benar

- Sabtu, 17 September 2022 | 19:54 WIB
Ilustarsi foto dari islam.nu.or.id
Ilustarsi foto dari islam.nu.or.id

TINEMU.COM – Dalam sebuah kajian yang ditayangkan di youtube, Gus Baha di antaranya mengkaji surat al-ankabut, yang kategorinya surat Makkiyah, terdiri dari 69 ayat.

Alif Lam Mim, hanya Allah yang lebih mengetahui maksudnya. Ini surat yang paling saya takutkan ketika baru berlatih jadi alim, surat An-Ankabut.

Sebab tidak biasanya Allah SWT itu memberi peringatan kepada orang yang sudah beriman. Tapi di durat Al-Ankabut ini Allah memberi peringatan kepada orang yang sudah beriman.

Mereka dituntut memberikan bukti atas loyalitas keimanan mereka. Sehingga di awal Allah berfirman: ”Apa manusia mengira mereka akan dibiarkan saja tanpa diuji, setelah mereka mengaku beriman?

Setelah mengaku beriman kita justru akan diuji!

Maka itu saya ingin menghadap Allah dalam keadaan pernah mengkampanyekan untuk sujud pada Allah. Syukur-syukur sering bersujud, atau paling tidak pernah mengkampanyekannya.

Misalnya begini, Jika kalian ingin dekat dengan Tuhan. Ketika kita dalam keadaan sehat, maka nikmat paling agung itu nikmat iman. Tidak ada nikmat paling agung selain nikmat iman dan Islam.

Semua mengatakan begitu, mulai dari mubalig, orang awam, orang yang agak saraf juga mengatakan begitu. Tapi ketika tidak punya uang mereka berteriak.

Padahal sudah memiliki nikmat yang besar, yaitu nikmat iman dan Islam. Harusnya tidak perlu lemas atau susah!

Halaman:

Editor: Zabidi Sayidi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gus Baha: Manusia Harus Ingat Zaman Dulu Bagaimana?

Minggu, 6 November 2022 | 10:45 WIB

Mengenal Al Kindi: Filsuf Muslim Pertama (1)

Kamis, 13 Oktober 2022 | 21:51 WIB

Kisah-kisah Karomah Syekh Sufi Ibrahim bin Adham

Jumat, 23 September 2022 | 21:43 WIB
X