• Sabtu, 3 Desember 2022

Sejarah Kanjeng Nabi Muhammad SAW: Tahun Awal Kelahiran (1)

- Kamis, 22 September 2022 | 20:19 WIB
Ilustrasi Foto: islamicity.org
Ilustrasi Foto: islamicity.org

TINEMU.COM – Dalam kesempatan ini tinemu.com dengan penuh kegembiraan menurunkan artikel bersambung yang dilansir dari ganaislamika.com dengan tema Sejarah Hidup Kanjeng Nabi Muhammad SAW.

“Muhammad” artinya ‘sering dipuji’, atau ‘layak dipuji’. Itu adalah nama yang sama sekali tidak dikenal di kalangan bangsa Arab saat itu. Walaupun demikian, Abdul Muthalib tidak ragu untuk menyebut cucunya dengan nama tersebut.

Disebutkan bahwa ibunda Nabi s.a.w, Āminah tidak mengalami kesukaran dengan kehamilannya. Segalanya berjalan mulus baginya. Dia mendengar banyak hal tentang kesukaran-kesukaran yang harus dialami wanita saat kehamilannya.

Namun, dia mengalami kehamilan yang sangat mudah sehubungan dengan harapan bahwa bayi yang akan dilahirkannya itu dapat mencerahkan kehidupannya setelah tragedi kematian tak terduga yang telah menimpa Abdullah, suaminya.

Tidak ada yang luar biasa tentang kelahiran Muhammad. Satu-satunya yang layak disebutkan adalah laporan dari ibunya yang meriwayatkan bahwa dia telah mengalami kelahiran yang mudah.

Baca Juga: Presiden Jokowi Terima PBNU, Bahas Puncak Peringatan 1 Abad NU

Sejarawan tidak mampu menentukan secara tepat berkenaan tahun kelahiran Muhammad. Namun, kebanyakan laporan menunjukkan bahwa [kelahirannya] terjadi pada tahun 570 AD, tahun ketika Abrahah, seorang penguasa Abyssinia dari Yaman telah melancarkan serangannya terhadap Mekah.

Adapun mengenai tanggalnya, paling tidak diperkirakan jatuh pada 12 Rabī al-Awwāl tahun 53 SH. [1]

Tidak ada hal penting, khususnya tentang perlunya menentukan tanggal kelahiran Muhammad secara tepat. Apa pun perayaan-perayaan yang dilakukan saat-saat sekarang pada tanggal itu, sama sekali tidak berlandaskan [ajaran] Islam. Semua itu hanya perayaan tradisi yang tidak memiliki bobot keagamaan.[2]

Halaman:

Editor: Zabidi Sayidi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gus Baha: Manusia Harus Ingat Zaman Dulu Bagaimana?

Minggu, 6 November 2022 | 10:45 WIB

Mengenal Al Kindi: Filsuf Muslim Pertama (1)

Kamis, 13 Oktober 2022 | 21:51 WIB

Kisah-kisah Karomah Syekh Sufi Ibrahim bin Adham

Jumat, 23 September 2022 | 21:43 WIB
X