• Sabtu, 3 Desember 2022

Ikhtiar Aneka Doa untuk Pengobatan Berbagai Penyakit

- Jumat, 23 September 2022 | 20:51 WIB
Foto dari id.theasianparent.com
Foto dari id.theasianparent.com

TINEMU.COM - Sejatinya setiap penyakit yang diderita seorang Muslim taat merupakan ujian kesabaran dari Allah SWT. Manusia pun diperintahkan untuk berikhtiar mencari jalan untuk kesembuhannya. Dewasa kini telah banyak dokter atau ahli medis dengan berbagai keahlian sesuai bidangnya yang bisa menjadi rujukan seseorang ketika mengalami sakit. 

Sebab itu bagi seorang Muslim ketika mengalami sakit selain berikhtiar melalui medis dan mengonsumsi obat yang paling utama adalah berserah diri pada Allah SWT. Seraya memohon kepada-Nya memberikan kesembuhan atas penyakit yang diderita. 

Rasulullah SAW mengajarkan sebuah doa bagi siapa saja yang mengalami sakit agar Allah SWT segera mengangkat penyakitnya dan memberikan kesembuhan. Doa ini pun dapat ditemukan pada hadits Nabi Muhammad dalam Sahih al-Bukhari nomor 5309. 

Berikut doa yang dipanjatkan Rasulullah: 

“Allahumma Rabban nasi, adzhibil ba’sa isyfi anta asy-syafi la syifa’a illa syifauka syifaan la yughadiru saqman.”

Artinya: Ya Allah Tuhannya manusia, hikanhkanlah rasa sakit ini sembuhkan lah, engkau dzat Yang Maha Penyembuhan, tak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, yaitu kesembuhan yang tak meninggalkan rasa sakit. 

Doa ini juga terdapat dalam hadis Muslim. Bahkan pada hadis Muslim nomor 4062 dijelaskan Rasul membacakan doa tersebut ketika menjenguk orang yang sakit. 

Dalam riwayat lain disebutkan bahwa Rasulullah saw bersabda: “Jibril mengajariku obat yang tidak memerlukan obat yang lain.”

Beliau ditanya: “Ya Rasulullah saw, apa obat itu?”

Halaman:

Editor: Zabidi Sayidi

Terkini

Gus Baha: Manusia Harus Ingat Zaman Dulu Bagaimana?

Minggu, 6 November 2022 | 10:45 WIB

Mengenal Al Kindi: Filsuf Muslim Pertama (1)

Kamis, 13 Oktober 2022 | 21:51 WIB

Kisah-kisah Karomah Syekh Sufi Ibrahim bin Adham

Jumat, 23 September 2022 | 21:43 WIB
X