• Sabtu, 3 Desember 2022

Kisah-kisah Karomah Syekh Sufi Ibrahim bin Adham

- Jumat, 23 September 2022 | 21:43 WIB
Foto ilustrasi: Lukisan peninggalan Dinasti Mughal (sekitar tahun 1750) tentang Ibrahim bin Adham, pelukis tidak diketahui
Foto ilustrasi: Lukisan peninggalan Dinasti Mughal (sekitar tahun 1750) tentang Ibrahim bin Adham, pelukis tidak diketahui

TINEMU.COM - Syekh Ibrahim bin Adham termasuk yang paling awal mengamalkan dan mengajarkan laku sufi di tengah masyarakat. Bagi para ahli tasawuf Abad Pertengahan hingga kontemporer, Syekh Ibrahim bin Adham sangat tersohor bagaikan mata air.

Syekh Ibrahim bin Adham (718-782)merupakan seorang sufi yang berpengaruh besar dalam sejarah Islam, konsistensinya dalam zuhud menjadi ciri khas tasawuf yang datang sesudahnya.

Tokoh yang berdarah Arab itu lahir di Khurasan, tepatnya Kota Balkh, kini bagian dari Afghanistan. Keluarganya menetap di wilayah tersebut setelah bermigrasi dari Kufah, Irak.

Ada banyak kitab yang memuat kisah-kisah tentang Syekh Ibrahim bin Adham (718-782). Menurut N Hanif dalam Biographical Encyclopaedia of Sufis of South Asia (1999), kebanyakan narasi itu tidak hanya tersebar di kawasan Arab atau Persia. Lebih lanjut, kaum Muslimin di India dan Indonesia pun menerima teks-teks tersebut.

Baca Juga: Kasetpres: Pemerintah Mencatat Tuntutan Para Pendemo

Ibrahim dan Prajurit

Ibrahim sedang melakukan perjalanan di gurun pada suatu hari ketika dia ditegur oleh seorang prajurit.

“Siapakah engkau?” prajurit itu bertanya.

“Seorang pelayan,” jawab Ibrahim.

Halaman:

Editor: Zabidi Sayidi

Tags

Terkini

Gus Baha: Manusia Harus Ingat Zaman Dulu Bagaimana?

Minggu, 6 November 2022 | 10:45 WIB

Mengenal Al Kindi: Filsuf Muslim Pertama (1)

Kamis, 13 Oktober 2022 | 21:51 WIB

Kisah-kisah Karomah Syekh Sufi Ibrahim bin Adham

Jumat, 23 September 2022 | 21:43 WIB
X