• Sabtu, 3 Desember 2022

Gala Dinner G20 Indonesia, Sebuah Impresi

- Kamis, 17 November 2022 | 12:16 WIB
Foto tangkap layar dari YouTube
Foto tangkap layar dari YouTube

TINEMU.COM - Sampai jam 10.18 WIB tayangan Welcoming Dinner and Cultural Performance G20 Indonesia, Bali, 15 November 2022 yang diunggah channel Sekretariat Presiden masih menempati trending #1 di Youtube.

Trending Youtube yang biasanya didominasi tayangan videoklip musik, olah raga hingga drama youtuber, kali ini dikuasi oleh sebuah acara kenegaraan tingkat dunia, sebuah catatan sejarah penting dalam lanskap budaya populer.

Mengusung semboyan "Recover Together Recover Stronger" perhelatan Welcoming Dinner and Cultural Performance G20 berhasil menyuguhkan tayangan yang  sangat megah dan spektakuler karena berhasil  meringkas keragaman  Indonesia, khususnya Bali, menjadi sebuah tontonan  yang memanjakan mata dan telinga lewat apa yang disebut grup musik Coldplay sebagai 'life in technicolor.'

Baca Juga: Gandeng Hyundai Kefico, PLN Pacu Pengembangan SPBKLU untuk Motor Listrik

Dalam lingkup 'life in technicolor'  semburat cahaya  merefleksikan  aneka warna hasil rekayasa berbasis perangkat teknologi mutakhir  dan kita, setidaknya mereka yang hadir secara langsung di area paturng Garuda Wisnu Kencana telah menjadi bagian dari rekayasa tersebut.

Pada lingkungan 'life in technicolor' ketakjuban pada dimensi sakral dari Garuda Wisnu Kencana dan ekspresi kesenian yang ditampilkan terkesan  surut sekadar menjadi latar-belakang. Keterpesonaan  pada aspek gaib pada seni, termasuk pada busana yang dikenakan, berubah menjadi kekaguman pada sajian-sajian visual yang sangat dramatis.  

Pemilihan pengisi suara untuk tayangan-tayangan video pendek tentang budaya Indonesia dari kalangan kanak-kanak adalah sebuah pilihan yang cerdas. 'Vibes'  film-film besutan Walt Disney yang bisa jadi sangat akrab di mata dan telinga para tamu undangan berhasil dihadirkan dan terasa sangat  menggetarkan. Alhasil, bagian penayangan video-video pendek ini, saya kira adalah salah satu bagian terbaik dari tayangan Welcoming Dinner and Cultural Performance G20.    

Baca Juga: Inilah Menu Jamuan Santap Malam Para Pemimpin G20. Ada Rujak Bali Hingga Rendang Padang

Penampilan Yuni Sara, Iga Mawarni dan Andien yang tampil menghentak  dengan lagu Damai karya Guruh Soekarno Putra semakin membuat kemeriahan yang telah  dihadirkan ratusan  penari sebelumnya,   berlanjut dan semakin seru. Tiga warna suara berbeda dari tiga penyanyi 'jazzy' beda generasi ini, berhasil disatukan  hingga  enak didengar, kompak dan merdu.

Halaman:

Editor: Zabidi Sayidi

Tags

Terkini

Opini: Doa dan Tenis

Minggu, 27 November 2022 | 22:13 WIB

Gala Dinner G20 Indonesia, Sebuah Impresi

Kamis, 17 November 2022 | 12:16 WIB

Opini Anwar Holid: Gowes dan Khatam Al-Qur'an

Selasa, 11 Oktober 2022 | 14:01 WIB

Tino Sidin: Iklan, TVRI, Buku

Senin, 26 September 2022 | 20:43 WIB

Obituari : Azyumardi Azra Tak Berlanjut di Sastra

Senin, 19 September 2022 | 11:08 WIB

Pameran Kampung Purba Tampilkan Kekayaan Sejarah Manusia

Minggu, 18 September 2022 | 15:02 WIB

Rendra, Sitoresmi, Aisyiah

Kamis, 15 September 2022 | 12:14 WIB
X