• Jumat, 30 September 2022

Belajar IT Sambil Jaga Warnet, Anak Pedagang Kerupuk ini Sabet Beasiswa SEMESTA

- Rabu, 10 Agustus 2022 | 14:48 WIB
Islam Nurul Yaqin, anak pedagang kerupuk keliling asal Tasikmalaya berhasil menyabet beasiswa SEMESTA. Ia belajar IT saat menjaga warnet milik saudaranya. (SEVIMA)
Islam Nurul Yaqin, anak pedagang kerupuk keliling asal Tasikmalaya berhasil menyabet beasiswa SEMESTA. Ia belajar IT saat menjaga warnet milik saudaranya. (SEVIMA)

TINEMU.COM - Kemahiran di bidang IT mengantarkan Islam Nurul Yaqin, remaja asal Tasikmalaya, Jawa Barat menjadi salah satu pemenang Beasiswa SEMESTA.

Lulusan SMK Plus YSB Suryalaya yang akrab disapa Islam ini mengaku mulai mengenal IT saat mendapat tugas menjaga warung internet (warnet) milik saudaranya sejak kelas 6 SD. 

Sebelumnya, Islam mengaku sudah tak berharap untuk bisa kuliah seperti teman-temannya. Biaya kuliah yang tinggi membuat Islam tak ingin membebani Iyun, sang ayah yang berprofesi sebagai pedagang kerupuk keliling.

Baca Juga: Momen Hakteknas ke-27, BRIN Kenalkan 4 Kawasan Sains dan Teknologi

“Saya sudah sempat mendaftar di Kampus Negeri dan diterima. Namun berat untuk mengambilnya karena dagangan ayah juga kian menurun setelah Pandemi Covid-19,” kenang Islam dalam Penganugerahan Beasiswa SEMESTA di Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) pada Rabu (10/8/2022).

Namun kegigihannya untuk kuliah tak pernah memadamkan semangat Islam. Ia mengikuti rangkaian seleksi Beasiswa SEMESTA secara diam-diam tanpa sepengetahuan orang tuanya.

Selama proses seleksi, Islam menunjukkan keahliannya dalam membuat aplikasi dan menginstallnya ke server online (docking) hanya dalam waktu semalam. Biasanya, proses menginstall suatu aplikasi online bisa berlangsung hingga berbulan-bulan.

Baca Juga: Presiden Jokowi Resmikan Tower Baru RSUD Soedarso di Pontianak

Kemahirannya di bidang IT mengantarkan Islam menjadi salah satu dari 50 pemenang Beasiswa SEMESTA. Beasiswa ini memberi kesempatan untuk kuliah pada jurusan di Teknik Informatika (IT) di kampus seluruh Indonesia yang telah bekerjasama dengan SEVIMA, senilai total Rp 1 miliar.

Halaman:

Editor: Setiyo Bardono

Sumber: SEVIMA

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Empat Peneliti BRIN Dikukuhkan sebagai Profesor Riset

Kamis, 29 September 2022 | 11:07 WIB

Provinsi Jawa Barat Raih Juara Umum O2SN 2022

Minggu, 11 September 2022 | 16:01 WIB

KKP Kembangkan Kultur Jaringan Rumput Laut

Sabtu, 10 September 2022 | 15:59 WIB

Vaksin Caprivac Hydrogalaksi Ampuh Cegah Penyakit Ikan

Kamis, 8 September 2022 | 12:00 WIB
X