• Jumat, 30 September 2022

Fi$hku Hubungkan Nelayan dan Pembudidaya Ikan dengan Konsumen

- Rabu, 21 September 2022 | 15:25 WIB
platform e-commerce Fi$hku yang menghubungkan langsung antara nelayan dan pembudidaya ikan dengan konsumen. (Humas UGM)
platform e-commerce Fi$hku yang menghubungkan langsung antara nelayan dan pembudidaya ikan dengan konsumen. (Humas UGM)

TINEMU.COM - Sekelompok mahasiswa UGM (Universitas Gadjah Mada) mengembangkan platform e-commerce Fi$hku yang menghubungkan langsung antara nelayan dan pembudidaya ikan dengan konsumen.

Fi$hku merupakan platform e-commerce dalam bentuk web dan aplikasi yang memudahkan penjualan hasil perikanan sekaligus memudahkan konsumen mendapatkan hasil perikanan yang masih segar.

Platform Fi$hku dikembangkan oleh tim gabungan mahasiswa UGM dengan sejumlah universitas lain yaitu Nabila Apriliana, Nimatul Husna, dan Rhamdan Syahrul dari Sekolah Vokasi. Lalu, Adisti Anjani (Udayana), Anugrah Tri Ramadhan (Udinus), dan Muthia Farah (UIN Jakarta).

Baca Juga: Prakarsa Prima Sentosa dan Blackhawk Network Akan Bentuk Joint Venture Bisnis Gift Card

Nabila menjelaskan pengembangan Fi$hku berawal dari keprihatinan mereka akan status Indonesia yang merupakan negara bahari dengan potensi ikan yang berlimpah, tetapi konsumsi ikan masih terbilang rendah dan masih banyak nelayan hidup miskin di wilayah pesisir.

Kondisi itu mendorong mereka untuk membuat inovasi teknologi bidang perikanan guna membantu nelayan untuk menjual hasil tangkapannya secara langsung pada konsumen tanpa melalui pihak ketiga atau tengkulak dengan harga murah. Selain itu membantu konsumen memperoleh ikan segar.

Fishku adalah start-up pada sektor e-commerce perikanan yang bertujuan untuk meningkatkan perekonomian dalam bidang perikanan di Indonesia. Platform ini dapat mendeteksi kesegaran ikan menggunakan teknologi machine learning melalui aplikasi android,” paparnya.

Baca Juga: Sa’di Shirazi, Sastrawan Persia yang Menginspirasi Victor Hugo dan Goethe

Fi$hku dikembangkan dengan beberapa fitur. Beberapa diantaranya adalah Consumer App, Seller App, dan Fresheness Detection. Fitur Consumer App digunakan oleh konsumen untuk membeli ikan seperti pedagang ikan, restoram, hotel, dan pelaku bisnis lainnya.

Halaman:

Editor: Setiyo Bardono

Sumber: Humas UGM

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Empat Peneliti BRIN Dikukuhkan sebagai Profesor Riset

Kamis, 29 September 2022 | 11:07 WIB

Provinsi Jawa Barat Raih Juara Umum O2SN 2022

Minggu, 11 September 2022 | 16:01 WIB

KKP Kembangkan Kultur Jaringan Rumput Laut

Sabtu, 10 September 2022 | 15:59 WIB

Vaksin Caprivac Hydrogalaksi Ampuh Cegah Penyakit Ikan

Kamis, 8 September 2022 | 12:00 WIB
X