Potensi Hujan Saat KTT G20 di Bali Cukup Tinggi, BRIN, BMKG dan TNI-AU Lakukan Modifikasi Cuaca

- Selasa, 15 November 2022 | 09:48 WIB
Potensi hujan saat KTT G20 di Bali cukup tinggi, BRIN, BMKG dan TNI-AU melakukan operasi teknologi modifikasi cuaca (TMC). (brin.go.id)
Potensi hujan saat KTT G20 di Bali cukup tinggi, BRIN, BMKG dan TNI-AU melakukan operasi teknologi modifikasi cuaca (TMC). (brin.go.id)

TINEMU.COM - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) bersama Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), dan TNI AU melaksanakan operasi teknologi modifikasi cuaca (TMC) untuk mendukung Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali mulai 14 - 16 November 2022.

Operasi teknologi modifikasi cuaca (TMC) juga sebagai antisipasi atas prediksi terkait potensi hujan di wilayah Bali pada November 2022 yang cukup tinggi, sehingga dikhawatirkan dapat mengganggu pelaksanaan agenda KTT G20, terutama untuk serangkaian acara yang digelar di ruang terbuka (outdoor).

Kepala BRIN, Laksana Tri Handoko mengatakan pihaknya siap melaksanakan operasi teknologi modifikasi cuaca (TMC) untuk mendukung penyelenggaraan KTT G20.

Baca Juga: Teras UMK Kini Hadir di Stasiun Bandung

"Oleh Menko Kemaritiman dan Investasi, BRIN ditunjuk untuk memimpin pelaksanaan Operasi TMC dengan dukungan dari BMKG untuk analisa cuaca dan TNI-AU untuk armada pesawat," ujar Handoko pada Senin, 14 November 2022.

Secara teknis, pelaksanaan Operasi TMC dilaksanakan oleh Laboratorium Pengelolaan Teknologi Modifikasi Cuaca di bawah koordinasi Direktur Pengelolaan Laboratorium, Fasilitas Riset dan Kawasan Sains Teknologi dan Deputi Bidang Infrastruktur Riset dan Inovasi.

Handoko menyampaikan, Operasi TMC perlu disiagakan guna mengantisipasi kejadian hujan yang dapat mengganggu bahkan bisa saja membatalkan sejumlah acara penting yang diselenggarakan di area outdoor.

Baca Juga: Kemenkes: Jemaah Umrah Tidak Wajib Vaksin Meningitis

Operasi TMC mulai dilaksanakan sejak 10 November 2022 dengan dukungan 4 unit armada pesawat dari TNI-AU. Sebanyak 3 unit pesawat Cassa dari Skadron Udara 4 Lanud Abdulrahman Saleh Malang beroperasi sejak 10 November 2022 dari Posko sementara di BaseOps Lanud Ngurah Rai Denpasar Bali.

Halaman:

Editor: Setiyo Bardono

Sumber: brin.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

B Rahmanto: Nama dan Buku

Minggu, 8 Januari 2023 | 11:47 WIB
X