• Sabtu, 3 Desember 2022

Alat Penjernih Minyak Jelantah Tingkatkan Kualitas Kerupuk

- Kamis, 24 November 2022 | 08:58 WIB
Mahasiswa UGM mengembangkan alat peniris kerupuk terintegrasi dengan penjernih minyak jelantah yang telah diterapkan di UMKM Yogyakarta. (Humas UGM)
Mahasiswa UGM mengembangkan alat peniris kerupuk terintegrasi dengan penjernih minyak jelantah yang telah diterapkan di UMKM Yogyakarta. (Humas UGM)

TINEMU.COM - Mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) mengembangkan alat peniris kerupuk terintegrasi dengan penjernih minyak jelantah.

Ketua tim pemgembang alat, Ahmad Sirrullah mengatakan alat penjernih minyak jelantah ini mudah digunakan dan membantu UMKM yang memproduksi kerupuk untuk meningkatkan daya tahan serta kualitas kerupuk.

Ahmad menyampaikan pengembangan alat peniris dan penjernih minyak jelantah bermula dari permasalahan pada kerupuk di Indonesia. Umumnya kerupuk cepat tengik, melempem, dan cita rasa berubah dibandingkan saat digoreng dengan minyak yang baru.

Baca Juga: WIR Group dan Unity Bersinergi Kembangkan Proyek Virtual Imersif Nusameta

Permasalahan tersebut menyebabkan kerupuk rusak dan tidak terjual. Berawal dari kondisi itu mereka berupaya mencari solusi untuk mengatasi persoalan tersebut.

"Harapannya, melalui implementasi alat ini produsen kerupuk dapat memperoleh keuntungan maksimal,” tutur mahasiswa Kimia UGM ini pada Rabu, 23 November 2022.

Ahmad mengembangkan alat ini bersama empat rekannya yaitu Dzulfiqar Rafli Haryanto (Kimia), Dinda Iffana Silma (Teknik Kimia), Baihaqi Ghozali Hidayat (Teknik Mesin), dan Rangga Satria Wicaksana (Teknik Mesin).

Baca Juga: Beredar Info Pergerakan Sesar Cimandiri dan Erupsi Gunung Gede, BMKG Pastikan Hoax

Lebih lanjut Ahmad menjelaskan alat peniris yang dijual dipasaran pada umumnya tidak dilengkapi dengan fitur penjernih minyaknya.

Halaman:

Editor: Setiyo Bardono

Sumber: Humas UGM

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Rencanakan Kehamilan dengan Menghitung Masa Subur

Kamis, 24 November 2022 | 19:25 WIB

Piranti Makan Ramah Lingkungan dari Pelepah Pinang

Senin, 21 November 2022 | 09:37 WIB

Mengenal Bamboo Dome Tempat Santap Siang Pimpinan G20

Jumat, 18 November 2022 | 10:25 WIB

Pengendalian DBD dengan Nyamuk Jantan Mandul

Rabu, 16 November 2022 | 10:22 WIB

Mengintip Teknologi Cerdas Huawei di Pelabuhan Tianjin

Selasa, 8 November 2022 | 11:19 WIB

Obat Isoman Kini Bisa Ambil Langsung ke Apotek

Senin, 7 November 2022 | 07:33 WIB
X