• Sabtu, 3 Desember 2022

Rencanakan Kehamilan dengan Menghitung Masa Subur

- Kamis, 24 November 2022 | 19:25 WIB
Foto dari klikdokter.com
Foto dari klikdokter.com

TINEMU.COM - Memiliki buah hati adalah impian setiap pasangan yang telah menikah. Anda dan pasangan dapat merencanakan kehamilan dengan menghitung masa subur istri melalui kalkulator khusus untuk menghitung masa subur. Anda dapat menggunakan kalkulator masa subur di KlikDokter.

Pada kalkulator masa subur, Anda akan diminta untuk mengisi pertanyaan mengenai kapan terakhir menstruasi, lama siklus menstruasi, serta berapa lama Anda mengalami menstruasi setiap bulannya. Setelah Anda menghitung masa subur, Anda dapat berkonsultasi bersama dokter online untuk merencanakan kehamilan.

Sebelum merencanakan kehamilan, yuk ketahui masa subur Anda. Berikut penjelasan menghitung masa subur.

Cara hitung masa subur

Masa subur merupakan siklus menstruasi yang biasa terjadi pada wanita setiap satu bulan sekali. Pada masa subur, sel telur yang telah matang akan dilepaskan oleh indung telur dan siap untuk dibuahi oleh sperma. Sel telur yang telah dilepaskan harus segera dibuahi oleh sperma. Karena, peluang kehamilan sangat besar terjadi jika sel telur dan sperma bertemu pada saat yang tepat.

Masa subur pada tiap orang tentu berbeda, hal ini disebabkan oleh lamanya siklus haid tiap bulan. Hal yang harus Anda catat untuk mengetahui masa subur Anda adalah dengan mencatat hari pertama saat Anda haid. Biasanya, siklus haid pada seseorang adalah 28 hari. Jadi, masa subur pada Anda bisa terjadi pada hari ke-12 atau ke-14 setelah Anda mengalami haid hari pertama.

Baca Juga: Bantu Korban Gempa Cianjur, KAI Hadirkan Rail Clinic di Stasiun Cianjur

Namun, masa haid pada seseorang biasanya berbeda. Terkadang, siklus haid datang lebih awal atau bahkan lebih lambat dari bulan sebelumnya. Hal ini juga mempengaruhi masa subur pada Anda. Dengan demikian, masa subur Anda dapat berbeda satu minggu lebih awal atau lebih lambat daripada periode sebelumnya.

Menghitung masa subur dapat dilakukan dengan cara menghitung siklus terpendek dan siklus terpanjang menstruasi. Berikut contoh perhitungannya.

Halaman:

Editor: Zabidi Sayidi

Tags

Terkini

Rencanakan Kehamilan dengan Menghitung Masa Subur

Kamis, 24 November 2022 | 19:25 WIB

Piranti Makan Ramah Lingkungan dari Pelepah Pinang

Senin, 21 November 2022 | 09:37 WIB

Mengenal Bamboo Dome Tempat Santap Siang Pimpinan G20

Jumat, 18 November 2022 | 10:25 WIB

Pengendalian DBD dengan Nyamuk Jantan Mandul

Rabu, 16 November 2022 | 10:22 WIB

Mengintip Teknologi Cerdas Huawei di Pelabuhan Tianjin

Selasa, 8 November 2022 | 11:19 WIB

Obat Isoman Kini Bisa Ambil Langsung ke Apotek

Senin, 7 November 2022 | 07:33 WIB
X