Presiden Jokowi Jajal ‘Maung’ Kendaraan Operasional TNI Buatan Pindad

- Kamis, 19 Januari 2023 | 12:39 WIB
Presiden Joko Widodo menjajal kendaraan operasional satuan Maung di halaman Kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta, pada Rabu, 18 Januari 2023.  (BPMI Setpres/Lukas)
Presiden Joko Widodo menjajal kendaraan operasional satuan Maung di halaman Kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta, pada Rabu, 18 Januari 2023. (BPMI Setpres/Lukas)

TINEMU.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjajal kendaraan operasional satuan (Ranops) TNI 4x4 WD terbaru produksi PT Pindad yang dijuluki ‘Maung’ di halaman Kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta, pada Rabu, 18 Januar 2023.

Pada kesempatan tersebut, Presiden Jokowi meresmikan nama “Maung” untuk kendaraan tersebut. Sebelumnya, Presiden Jokowi memberikan arahan dalam Rapat Pimpinan Kementerian Pertahanan Tahun 2023,

Maung merupakan Ranops TNI untuk medan offroad yang diciptakan untuk mendukung operasi serta mobilisasi pertempuran jarak dekat dan jelajah dalam segala medan. Kendaraan ini memiliki kemampuan manuver yang gesit dan handal untuk mendukung mobilitas penggunanya.

Baca Juga: Nyanyikan Lagu ‘Mangku Buku’, Farel Prayoga Ajak Anak Indonesia untuk Tingkatkan Prestasi

Dalam kendaraan ‘Maung’ yang dikendarai Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Presiden Jokowi meninjau pameran alat utama sistem pertahanan (alutsista) yang merupakan bagian dari rangkaian acara rapat pimpinan.

Direktur Jenderal Perencanaan Pertahanan Kementerian Pertahanan, Laksmana Muda TNI Supo Dwi Diantara, menjelaskan bahwa pameran alutsista tersebut digelar untuk menunjukkan industri pertahanan Indonesia yang terus mengembangkan produksi alutsista.

“Ada sekitar 18 alutsista yang kita pamerkan, yang bisa dikunjungi dan disaksikan oleh peserta rapim semuanya,” lanjutnya.

Baca Juga: Promo New Year Deals, KAI Sediakan 18 Ribu Tiket Promo Mulai Rp 100 Ribu

Kendaraan yang dirancang PT Pindad ini bermesin diesel 4 silinder turbocharged tersebut diciptakan untuk mendukung operasi serta mobilisasi pertempuran jarak dekat dan jelajah dalam segala medan.

Halaman:

Editor: Setiyo Bardono

Sumber: Kemhan.go.id, presidenri.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

B Rahmanto: Nama dan Buku

Minggu, 8 Januari 2023 | 11:47 WIB
X