Empat Siswa Jadi Pemenang Olimpiade Bahasa Jerman Tingkat Nasional 2023

- Sabtu, 21 Januari 2023 | 08:48 WIB
Empat siswa dinobatkan sebagai pemenang Olimpiade Bahasa Jerman Tingkat Nasional 2023 yang digelar oleh Goethe-Institut Indonesia. (Goethe-Institut Indonesia)
Empat siswa dinobatkan sebagai pemenang Olimpiade Bahasa Jerman Tingkat Nasional 2023 yang digelar oleh Goethe-Institut Indonesia. (Goethe-Institut Indonesia)

TINEMU.COM - Empat siswa dinobatkan sebagai pemenang Olimpiade Bahasa Jerman Tingkat Nasional 2023 yang digelar oleh Goethe-Institut Indonesia bekerja sama dengan Ikatan Guru Bahasa Jerman Indonesia (IGBJI).

Olimpiade Bahasa Jerman Tingkat Nasional 2023 digelar secara daring pada 16-17 Januari. Ajang ini diikuti 70 finalis asal 55 SMA/SMK/MA dari 27 provinsi di Indonesia.

Dalam upacara pengumuman pemenang di GoetheHaus Jakarta, Jumat 20 Januari 2023, yang disaksikan para finalis secara virtual dari kota masing-masing, Jason Kartasasmita (SMA Kolese Kanisius, Jakarta) terpilih sebagai juara pertama Olimpiade Bahasa Jerman Tingkat Nasional 2023.

Baca Juga: Kemenag Ungkap 108 Lembaga Pengelola Zakat Tidak Berizin, Ini Daftarnya

Sementara itu, Fatih Ahza Ghaisani (SMA Negeri 1 Slawi, Jawa Tengah) merupakan juara kedua. Adapun Benedictus Febryan Netyastomo (SMA Negeri 2 Jakarta) menjadi juara ketiga dan Ejaz Elfath (SMA Negeri Unggulan M. H. Thamrin, Jakarta) sebagai juara keempat.

Seluruh pemenang menerima beasiswa kursus bahasa Jerman untuk remaja selama tiga minggu pada musim panas di Jerman. Para pemenang juga memperoleh piagam penghargaan dari Goethe-Institut, IGBJI, dan Pusat Prestasi Nasional Kemdikbudristek.

Para finalis yang telah berkompetisi dalam edisi ke-15 Olimpiade Bahasa Jerman Tingkat Nasional ini sebelumnya telah melalui babak penyisihan secara virtual selama November 2022.

Baca Juga: Kemenag Rilis Daftar Lembaga Pengelola Zakat, 108 LAZ Tidak Berizin

Babak penyisihan diikuti 1.198 siswa dari 367 SMA/SMK/MA di 27 provinsi. Para peserta diuji dalam hal keterampilan berbahasa Jerman pada tingkat kemahiran bahasa A2 (tingkat pemula lanjutan), mulai dari membaca, menyimak, dan menulis.

Halaman:

Editor: Setiyo Bardono

Sumber: Goethe-Institut Indonesien

Tags

Artikel Terkait

Terkini

B Rahmanto: Nama dan Buku

Minggu, 8 Januari 2023 | 11:47 WIB
X