29 Tahun Base Jam, Ingin Tak Sekedar Jadi Temanmu

- Rabu, 18 Januari 2023 | 11:24 WIB
Cover Single Base Jam "Cinta Tak Berubah" (BaseJam Official)
Cover Single Base Jam "Cinta Tak Berubah" (BaseJam Official)

TINEMU.COM - Tak terasa Base Jam hingga kini sudah memasuki tahun ke 29 dalam bermusik. Terbentuk sejak 1994, grup yang punya sejumlah hits anthem di era 1990-an seperti “Aku Bukan Pujangga” dan “Bermimpi.”

Mengawali 2023 Base Jam meluncurkan single “Cinta Tak Berubah”, dengan para personil mereka saat ini; Alvin dan Sigit pada vokal, Aris dan Oni pada gitar, Sita pada bass dan Alsa pada drum.

Lagu "Cinta Tak Berubah" merupakan karya yang diciptakan Alvin dengan aransemen oleh semua personil, dibantu vokal director Dody Isnaini dalam proses rekamannya. Lagu ini menyampaikan pesan bahwa diluar semua perubahan yang terlihat, cinta Base Jam terhadap musik dan pendengarnya akan selalu hadir, akan selalu tercipta dan dijaga.

Baca Juga: Film Autobiography, Mengintip Hubungan Intim Kekuasaan dan Kekerasan

Potongan lirik “Dari sejak semula, ku sudah cintaimu. Ku ingin kamu tak sekedar temanku” bisa berarti dalam konteks romantis yaitu cinta pada pandangan pertama kepada calon pasangan. Namun juga bisa diartikan bahwa bagi Base Jam sebagai sejak semula pendengar tidak dianggap hanya sebagai pendengar, namun teman dekat, teman terbaik dan teman setia yang terus mendukung Base Jam, demikian kata Aris. "Hingga kami bisa berjalan menuju 30 tahun”, ujarnya.

Sedangkan menurut Alvin, sebagai pencipta lirik dan lagu, "Lirik 'Dan sampai detik ini, ku tetap cintaimu, meskipun kamu tak pernah tahu' mengalir begitu saja. Apakah ada cerita nyata di kehidupan saya atau tidak ketika saya menciptakan lagu ini, itu tidak terlalu penting. yang penting adalah, kami sering mendengar pengalaman teman-teman di sekitar kita bahwa cerita cinta mereka tidak selalu berakhir bahagia.”

Aransemen musik yang dihadirkan pun dimaksudkan untuk membantu menyampaikan rasa cinta yang tidak berbalas. Bahkan kata pertama di lagu ini hadir sendiri – tanpa diiringi alat musik.

Baca Juga: Tidak Usah Baper, Tidak Semua Firaun Jahat, Kok!

“Ketika kami membaca liriknya, mendengar aransemen dasar lagu ini, kami sudah membayangkan kemana arah aransemen lengkapnya. Diawali dengan nuansa syahdu dan kemudian diakhiri dengan nuansa penuh cinta, optimisme bahwa bahkan ketika cinta tidak berakhir bahagia, kita sudah beruntung bisa merasakan rasa cinta yang besar terhadap seseorang”, ungkap Alsa dan Oni.

Halaman:

Editor: Dedy Tri Riyadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

29 Tahun Base Jam, Ingin Tak Sekedar Jadi Temanmu

Rabu, 18 Januari 2023 | 11:24 WIB

Film The Menu dan Gastro-kolonialisme

Selasa, 10 Januari 2023 | 21:26 WIB

Aksi Kocak Maksimal Putri Marino di Film The Big 4

Senin, 9 Januari 2023 | 21:10 WIB
X