Resensi Film Autobiography, Sebuah Cerita untuk Mengidentifikasi Sosok Kekuasaan

- Kamis, 19 Januari 2023 | 21:08 WIB
Cuplikan Trailer Film Autobiography karya Makbul Mubarak (YouTube KawanKawan Media)
Cuplikan Trailer Film Autobiography karya Makbul Mubarak (YouTube KawanKawan Media)

TINEMU.COM - Film Autobiography karya Makbul Mubarak ini bercerita tentang Rakib yang bekerja sebagai pengurus rumah tangga di sebuah rumah kosong milik Purna, seorang pensiunan jenderal yang seluruh sanak familinya sudah mengabdi di salah satu desa.

Kakak Rakib berada di luar negeri sebagai TKI. Setelah lama ditinggal, Purna kembali ke rumahnya di desa untuk memulai kampanye pemilihan Bupati. Rakib bekerja sebagai asisten sekaligus tangan kanan Purna.

Suatu ketika poster pemilihan Purna ditemukan rusak, Rakib tak ragu untuk melacak pelakunya. Dari pelacakan siapa yang merusak poster kampanye Purna itu, Rakib perlahan mengerti dirinya perlahan telah menjadi bagian dari alat kekuasaan dan kekerasan yang dimiliki Purna untuk menguasai desanya.

Baca Juga: Kemendikbudristek Pertegas Komitmen Hapus Kekerasan Seksual di Lingkungan Pendidikan

Awalnya dari suatu peristiwa yaitu meninggalnya Agus, seorang pemuda anak seorang janda pemilik perkebunan kopi yang khawatir kebunnya akan digunakan menjadi pabrik.

Sesungguhnya Rakib tahu bahwa Agus memang dilenyapkan kaki tangan Purna lainnya. Hatinya berkecamuk ketika kematiannya direkayasa seolah kecelakaan.

Bergaya suspens thriller berlatar lanskap panorama desa dan hiruk pikuknya film ini cukup menarik mengangkat tema kontekstual yang sebenarnya belum lekang dari keseharian. Misalnya peristiwa terkait petani Kendeng pada 201 yang terjadi di salah satu daerah di Rembang, Jawa Tengah, di mana memakan korban seorang petani yang turut aksi menolak pembangunan pabrik (sementara dalam film ini pembangunan pembangkit tenaga listrik tenaga uap PLTU).

Dalam film ini proses pembangunan PLTU yang dikampanyekan Purna dapat mendorong pertumbuhan ekonomi nyatanya menyita lahan kebun kopi yang sudah turun temurun dimiliki warga.

Baca Juga: Presiden Jokowi Jajal ‘Maung’ Kendaraan Operasional TNI Buatan Pindad

Perlahan (tapi pasti) sutradara menggiring penonton kepada apa dan mengapa ayah Rakib dipenjara, kegalauan Rakib yang sempat hendak kabur untuk menyusul kakaknya jadi TKI lewat calo ilegal, sampai memutuskan untuk mencelakai sang majikan Purna.

Halaman:

Editor: Dedy Tri Riyadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

29 Tahun Base Jam, Ingin Tak Sekedar Jadi Temanmu

Rabu, 18 Januari 2023 | 11:24 WIB

Film The Menu dan Gastro-kolonialisme

Selasa, 10 Januari 2023 | 21:26 WIB

Aksi Kocak Maksimal Putri Marino di Film The Big 4

Senin, 9 Januari 2023 | 21:10 WIB
X