• Sabtu, 3 Desember 2022

Resensi Buku: Bacaan dan Keilmuan

- Rabu, 16 November 2022 | 11:11 WIB
Buku berjudul Sekadar Mengamati karya Joko Priyono (Koleksi Pribadi Bandung Mawardi)
Buku berjudul Sekadar Mengamati karya Joko Priyono (Koleksi Pribadi Bandung Mawardi)

TINEMU.COM - Sejak masa 1950-an, buku-buku pelajaran di Indonesia untuk pendidikan dasar gencar mengenalkan ilmu-ilmu “baru” berasal dari Barat. Pengajaran sudah dilakukan sejak awal abad XX.

Kaum bumiputra sudah masuk sekolah mengetahui ada hal-hal menakjubkan berdatangan dari negara-negara jauh. Mereka mulai belajar botani, anatomi, fisika, kimia, dan lain-lain.

Pada masa Indonesia sesumbar dengan revolusi belum selesai, buku-buku pelajaran sekolah hasil terjemahan atau susunan para intelektual Indonesia turut menggerakkan “revolusi” pengetahuan.

Di kelas, pelajaran-pelajaran itu sulit tapi menggugah. Murid-murid tekun melanjutkan membaca majalah-majalah untuk mengimbuhi pesona pengetahuan. Hari-hari dengan buku-buku pengetahuan kadang diselingi buku-buku cerita.

Baca Juga: 1985: Pengisahan Tokoh dan Indonesia

Bocah-bocah cermat tentu tak melulu berurusan moral dari cerita. Mereka menginginkan ada rangsang-rangsang pengetahuan saat merampungkan buku cerita.

Kita mengenang masa lalu dengan buku-buku lama dan dampak terbitan majalah-majalah. Sekian majalah untuk anak dan remaja. Sekian majalah memiliki rubrik-rubrik pengetahuan. Indonesia masa 1950-an menjelang kemajuan. Murid-murid di jalan terbuka pengetahuan meski berkiblat Barat.

Suasana gandrung pengetahuan bagi anak dan remaja berlanjut sampai masa Orde Baru. Kebijakan politik dan kurikulum menentukan derajat gairah murid-murid berpengetahuan. Penerbitan buku-buku terjemahan dari pelbagai negara memicu “ketergesaan” bagi Indonesia harus menjadi negara bergelimang pengetahuan modern.

Kemunculan angan tentang pekerjaan dan imajinasi kemakmuran mengesahkan laju pengetahuan di sekolah dan rumah. Indonesia ingin maju, bukan negara kecapekan gara-gara pembangunan nasional.

Baca Juga: Masih Tentang Bahasa: Pergaulan dan Persaingan

Halaman:

Editor: Dedy Tri Riyadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Resensi Buku: Ketakjuban Sepak Bola

Rabu, 30 November 2022 | 20:36 WIB

Pembaca Sepak Bola

Minggu, 27 November 2022 | 22:29 WIB

Kaum (Pemuja) Buku

Minggu, 27 November 2022 | 22:21 WIB

Merawat Budaya Melalui Diplomasi Kopi Nusantara

Senin, 21 November 2022 | 14:19 WIB

Resensi Buku: Bacaan dan Keilmuan

Rabu, 16 November 2022 | 11:11 WIB

1985: Pengisahan Tokoh dan Indonesia

Rabu, 16 November 2022 | 10:58 WIB
X