• Sabtu, 3 Desember 2022

Merawat Budaya Melalui Diplomasi Kopi Nusantara

- Senin, 21 November 2022 | 14:19 WIB
Tantangan dalam berdiplomasi kepada dunia tentang pengenalan kopi Nusantara terselenggara lewat pameran ‘Kopi Togetherness’. (kemdikbud.go.id)
Tantangan dalam berdiplomasi kepada dunia tentang pengenalan kopi Nusantara terselenggara lewat pameran ‘Kopi Togetherness’. (kemdikbud.go.id)

TINEMU.COM - Tantangan dalam berdiplomasi kepada dunia tentang pengenalan kopi Nusantara terselenggara lewat pameran ‘Kopi Togetherness’.

Hal itu diungkapkan Direktur Jenderal Kebudayaan (Ditjenbud) Kemendikbudristek, Hilmar Farid saat membuka pameran ‘Kopi Togetherness’ di Museum Nasional Jakarta pada Jumat, 18 November 2022.

Pameran “Kopi Togetherness’ ini merupakan persiapan Indonesia yang akan mengikuti ekshibisi internasional bertajuk ‘Qatar Year of Culture 2023’.

Baca Juga: Piranti Makan Ramah Lingkungan dari Pelepah Pinang

“Kita akan menggunakan diplomasi kopi saat pelaksanaan pameran dengan mengenalkan kopi nusantara di Qatar berlangsung selama kurang lebih enam bulan,” tegas Hilmar.

Menurut Hilmar, awal mula masuknya kopi di Indonesia karena adanya sistem tanam paksa yang menyakitkan, namun lambat laun hal yang menyakitkan tersebut berubah menjadi suatu hal yang membanggakan.

“Sesuatu yang menyakitkan jadi membanggakan, itulah yang disebut kebudayaan. Kebudayaan tersebut jadi sandaran yang membangkitkan energi kita untuk berbicara kepada dunia,” jelas Hilmar.

Baca Juga: Dialog Morgan Freeman – Ghanim Al Muftah di FIFA 2022: Keindahan dalam Perbedaan

Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Museum Nasional, Sri Hartini menyampaikan apresiasi dari Kemendikbudristek untuk para kurator yakni Handoko Hendroyono, Nusi Lisabilla, Estudiantin, dan Daroe Handojo; Farah Wardani selaku Direktur Eksibisi; komunitas dan pegiat kopi yang telah melakukan kolaborasi dan memberikan kontribusi atas persiapan ‘Kopi Togetherness’.

Halaman:

Editor: Setiyo Bardono

Sumber: kemdikbud.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Resensi Buku: Ketakjuban Sepak Bola

Rabu, 30 November 2022 | 20:36 WIB

Pembaca Sepak Bola

Minggu, 27 November 2022 | 22:29 WIB

Kaum (Pemuja) Buku

Minggu, 27 November 2022 | 22:21 WIB

Merawat Budaya Melalui Diplomasi Kopi Nusantara

Senin, 21 November 2022 | 14:19 WIB

Resensi Buku: Bacaan dan Keilmuan

Rabu, 16 November 2022 | 11:11 WIB

1985: Pengisahan Tokoh dan Indonesia

Rabu, 16 November 2022 | 10:58 WIB
X