• Sabtu, 3 Desember 2022

Presiden Jokowi: Jaga Pertumbuhan Ekonomi Maluku Utara Tetap Kondusif

- Kamis, 29 September 2022 | 17:08 WIB
Presiden Joko Widodo menyampaikan keterangannya kepada awak media di Pasar Rakyat Jailolo, Kabupaten Halmahera Barat, Provinsi Maluku Utara, pada Rabu, 28 September 2022. Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev
Presiden Joko Widodo menyampaikan keterangannya kepada awak media di Pasar Rakyat Jailolo, Kabupaten Halmahera Barat, Provinsi Maluku Utara, pada Rabu, 28 September 2022. Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev

TINEMU.COM - Presiden Joko Widodo menilai bahwa pertumbuhan ekonomi di Provinsi Maluku Utara berada di atas angka pertumbuhan ekonomi nasional. Untuk itu, ia meminta agar seluruh pihak dapat menjaga situasi agar tetap kondusif di setiap kabupaten, kota, maupun provinsi.

“Di Provinsi Maluku Utara, dengan adanya industri tambang di sini yang sudah masuk dari mentah ke smelter, pertumbuhan ekonomi pasti akan di atas rata-rata nasional, saya pastikan itu,” ujar Presiden dalam keterangannya kepada awak media di Pasar Rakyat Jailolo, Kabupaten Halmahera Barat, Provinsi Maluku Utara, pada Rabu, 28 September 2022.

“Ini yang harus dijaga terus, kondusivitas setiap kabupaten, kota, maupun provinsi karena di sini mungkin—saya belum membandingkan dengan provinsi lain—menjadi salah satu provinsi dengan pertumbuhan ekonomi yang tinggi, Maluku Utara,” imbuhnya.

Berdasarkan laporan Bank Indonesia Agustus 2022, perekonomian Provinsi Maluku Utara pada triwulan II 2022 tumbuh sebesar 27,74 persen (yoy).

Baca Juga: Presiden Jokowi: UMKM di Maluku Utara Sudah Sangat Profesional

Maluku Utara menjadi provinsi dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi di Indonesia untuk periode triwulan II 2022, bersama dengan Papua sebagai provinsi dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi kedua, serta Sulawesi Tengah dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi ketiga.

Presiden pun meyakini bahwa pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Halmahera Barat berada di atas angka pertumbuhan ekonomi nasional. Menurut Presiden Jokowi, hal tersebut bisa dilihat dari geliat ekonomi masyarakat di pasar-pasar tradisional seperti di Pasar Rakyat Jailolo yang ia kunjungi.

“Halmahera Barat saya belum cek ke BI pertumbuhan ekonominya seperti apa, tetapi kalau melihat daerah di pasar seperti ini, ya saya kira hampir mirip-mirip sama, rata-rata ya tapi pasti di atas (persentase) nasional,” ungkapnya.

Baca Juga: Dorong Transformasi Pertanian, MarkPlus Jalin Kerja Sama dengan Petrosida Gresik dan EASY

Halaman:

Editor: Zabidi Sayidi

Sumber: presidenri.go.id

Tags

Terkini

Inilah Daftar 56 Perusahaan Penerima SNI Award 2022

Rabu, 30 November 2022 | 18:59 WIB

Pakar UGM: Cakupan Vaksinasi Polio Perlu Ditingkatkan

Minggu, 27 November 2022 | 15:31 WIB

Update Gempa Cianjur, BNPB: 271 Warga Meninggal Dunia

Rabu, 23 November 2022 | 21:34 WIB

Update Gempa Cianjur, BNPB: 268 Warga Meninggal Dunia

Selasa, 22 November 2022 | 21:42 WIB

Bupati Cianjur Tetapkan Status Tanggap Darurat Gempa

Selasa, 22 November 2022 | 09:39 WIB
X