• Sabtu, 3 Desember 2022

Beredar Info Pergerakan Sesar Cimandiri dan Erupsi Gunung Gede, BMKG Pastikan Hoax

- Rabu, 23 November 2022 | 17:19 WIB
Beredar informasi meresahkan tentang pergerakan Sesar Cimandiri dan erupsi Gunung Gede, BMKG memastikan informasi tersebut hoax. (Instagram @infobmkg)
Beredar informasi meresahkan tentang pergerakan Sesar Cimandiri dan erupsi Gunung Gede, BMKG memastikan informasi tersebut hoax. (Instagram @infobmkg)

TINEMU.COM - Berita atau Informasi meresahkan beredar di masyarakat pasca terjadinya gempa bumi Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Informasi menyebutkan adanya pergerakan Sesar Cimandiri dan erupsi Gunung Gede yang menyebabkan gempa bumi di Kabupaten Cianjur.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan bahwa berita tersebut tidak benar dan hanya hoax/isu yang tidak bisa dipertanggungjawabkan. Klarifikasi tersebut disampaikan Kepala BMKG Stasiun Geofisika Bandung, Teguh Rahayu melalui keterangan tertulis pada 22 November 2022.

Berita yang beredar berisikan narasi: "Ijin melaporkan komandan situasi terkait tingkat kewaspadaan info BMKG dan BNPB tingkat waspada tinggi wilayah Sukabumi aktivitas yang dilewati garis pergerakan Sesar Cimandiri 1 minggu ke depan."

Baca Juga: Badan Geologi: Aktivitas Gunung Gede Masih Normal Pascagempa Cianjur

Informasi diteruskan dengan menyebutkan wilayah Pelabuhan Ratu dan sekitarnya, Cibadak dan sekitarnya, Cicantayan dan Cibolang, Sukaraja dan sekitarnya, Sukalarang dan sekitarnya, Baros dan sekitarnya, Salatbintana dan sekitarnya, dan Kadudampit dan sekitarnya.

Informasi selanjutnya berupa himbuan agar warga tetap waspada dan tidak panik serta tidak berpergian dari rumah masih-masing untuk menjaga keamanan tempat tinggal masing-masing.

Menanggapi berita tersebut yang mengatasnamakan informasi yang berasal dari BMKG, Teguh Rahayu menyampaikan, “Berita tersebut tidak benar dan BMKG tidak pernah menyampaikan serta menyebarluaskan informasi tersebut.”

Informasi lainnya berupa pesan suara (voice note) yang menginfokan adanya cahaya seperti api menyala di Gunung Gede yang menyebabkan terjadinya erupsi Gunung Gede yang mengakibatkan adanya gempabumi di wilayah Kampung Singa Barong dan Kampung Sarongge, Kabupaten Cianjur.

Baca Juga: KAI Operasikan 56 Kereta Api Tambahan untuk Libur Natal dan Tahun Baru 2022/2023

Halaman:

Editor: Setiyo Bardono

Sumber: humas BMKG

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Inilah Daftar 56 Perusahaan Penerima SNI Award 2022

Rabu, 30 November 2022 | 18:59 WIB

Pakar UGM: Cakupan Vaksinasi Polio Perlu Ditingkatkan

Minggu, 27 November 2022 | 15:31 WIB

Update Gempa Cianjur, BNPB: 271 Warga Meninggal Dunia

Rabu, 23 November 2022 | 21:34 WIB

Update Gempa Cianjur, BNPB: 268 Warga Meninggal Dunia

Selasa, 22 November 2022 | 21:42 WIB

Bupati Cianjur Tetapkan Status Tanggap Darurat Gempa

Selasa, 22 November 2022 | 09:39 WIB
X