Gus Halim: Masa Jabatan Kades 9 Tahun Untungkan Warga Desa

- Rabu, 18 Januari 2023 | 14:07 WIB
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar saat audiensi dengan kades se-Jombang di Gedung Makarti Jakarta, pada Senin, 16 Januari 2023. (Kemendesa.go.id)
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar saat audiensi dengan kades se-Jombang di Gedung Makarti Jakarta, pada Senin, 16 Januari 2023. (Kemendesa.go.id)

TINEMU.COM - Ribuan kepala desa (kades) menggelar aksi demonstrasi di depan Gedung DPR pada Selasa, 17 Januari 2023 untuk menuntut perpanjangan masa jabatan kades dari 6 tahun menjadi 9 tahun.

Saat audiensi dengan kade se-Jombang di Gedung Makarti Jakarta, pada Senin, 16 Januari 2023, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar menegaskan masa jabatan kades yang 9 tahun akan memberikan banyak manfaat bagi masyarakat desa.

Menurutnya, kades punya lebih banyak waktu untuk mensejahterakan warganya dan pembangunan desa dapat lebih efektif tidak terpengaruh oleh dinamika politik akibat Pilkades.

Baca Juga: Resmi! Kang Emil Berlabuh di Partai Golkar

"Yang diuntungkan dengan kondisi ini adalah warga masyarakat. Dan yang tidak kalah pentingnya adalah warga masyarakat tidak perlu terlalu sering menghadapi suasana ketegangan yang tidak produktif," ujar Gus Halim sapaan akrabnya.

"Karena yang nggak produktif nggak cuma kepala desanya tapi juga warganya," imbuh Gus dikutip Tinemu.com dari laman kemendesa.go.id.

Menurut Gus Halim, fakta konflik polarisasi pascapilkades nyaris terjadi di seluruh desa. Akibatnya Pembangunan akan tersendat dan beragam aktivitas di desa juga terbengkalai.

Baca Juga: Dapatkan Harga Khusus Tiket Penerbangan di Indonesia Travel Fair 2023

“Artinya apa yg dirasakan kepala desa sudah saya rasakan bahkan sebelum saya menjadi Ketua DPRD. Saya mengikuti tahapan politik di Pilkades. Saya mencermati bagaimana kampanye yang waktu itu,” ujarnya.

Halaman:

Editor: Setiyo Bardono

Sumber: kemendesa.go.id

Tags

Terkini

Resmi! Kang Emil Berlabuh di Partai Golkar

Rabu, 18 Januari 2023 | 11:44 WIB
X