Bus Listrik Merah Putih Siap Jadi Kendaraan Operasional pada KTT G20 di Bali

- Senin, 14 November 2022 | 11:46 WIB
Bus Listrik Merah Putih (BliMP) hasil kerjasama Kemendikbudristek dan PT. INKA akan menjadi kendaraan operasional pada KTT G20 di Bali. (Kemdikbud.go.id)
Bus Listrik Merah Putih (BliMP) hasil kerjasama Kemendikbudristek dan PT. INKA akan menjadi kendaraan operasional pada KTT G20 di Bali. (Kemdikbud.go.id)

TINEMU.COM - Kolaborasi antara perguruan tinggi dengan industri kini semakin menguat dengan adanya platform Kedaireka. Platform ini diciptakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) sebagai bagian dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

Salah satu dari pemanfaatan platform Kedaireka ini adalah Bus Listrik Merah Putih (BliMP) yang merupakan kendaraan listrik inisiasi bersama antara Kemendikbudristek dan PT. Industri Kereta Api (INKA) yang akan digunakan sebagai kendaraan operasional pada KTT G20 di Bali.

Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim dalam sambutannya mengapresiasi kerja sama riset antar perguruan tinggi. “BliMP (Bus Listrik Merah Putih) didesain oleh anak bangsa (Indonesia) dan menggunakan komponen utama hasil penelitian dan pengembangan yang telah dikuasai oleh Indonesia,” katanya.

Baca Juga: Naik Batik Air Ke Surabaya, Koper Kaesang Pangarep Mendarat di Kualanamu

Menteri Nadiem pun mengapresiasi Universitas Gajah Mada (UGM), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Airlangga (UNAIR), dan Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar.

“Sejak pertama kali Bapak Presiden Joko Widodo menerima presidensi G20, saya yakin bahwa ini adalah salah satu momentum terbaik bagi Indonesia untuk menunjukkan keunggulan bangsa kita dalam berbagai bidang. Termasuk salah satunya adalah bidang pendidikan,” kata Mendikbudristek di Nusa Dua, Bali pada Minggu, 13 November 2022.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi yang turut meluncurkan Bus Listrik Merah Putih menyampaikan bahwa Kemenhub sangat mendukung pembuatan Bus Listrik Merah Putih yang diinisiasi oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi, Kemendikbudritek.

Baca Juga: Presiden Jokowi: Tantangan Ekonomi ke Depan Makin Berat, Kita Akan Fokus 3 Hal

“Kita patut berbangga, pengembangan riset dan inovasi kendaraan listrik di lingkungan pendidikan tinggi, merupakan salah satu implementasi dari amanat Presiden Republik Indonesia dalam melakukan perencanaan dan pengembangan kendaraan listrik secara terpadu dan terintegrasi,” terangnya.

Halaman:

Editor: Setiyo Bardono

Sumber: kemdikbud.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

B Rahmanto: Nama dan Buku

Minggu, 8 Januari 2023 | 11:47 WIB
X