Yuk Ikuti Lomba Desain Ulang Logo Solo The Spirit of Java dan Maskot Rajamala

- Selasa, 15 November 2022 | 17:32 WIB
Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta menggelar kompetisi untuk desain ulang logo Solo The Spirit of Java dan lomba desain maskot Rajamala. (surakarta.go.id)
Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta menggelar kompetisi untuk desain ulang logo Solo The Spirit of Java dan lomba desain maskot Rajamala. (surakarta.go.id)

TINEMU.COM - Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta menggelar kompetisi untuk desain ulang logo Solo The Spirit of Java dan lomba desain maskot Rajamala. Kompetisi tersebut digelar untuk mendukung keberlangsungan city branding di Kota Solo.

Walikota Surakarta, Gibran Rakabuming melalui akun twitternya @gibran_tweet menyampaikan bahwa selain melibatkan masyarakat dalam membangun city branding, lomba ini juga sebagai landasan baru Pemkot Solo dalam merumuskan program pembangunan ke depan berdasarkan nilai-nilai ‘Jiwanya Jawa’.

Total hadiah yang bisa diperoleh seluruh pemenang yaitu sebesar Rp34 juta, beserta trophy dan piagam penghargaan. Peserta dapat mengirimkan karya maksimal 27 November 2022 pukul 23.59 WIB. Tata cara untuk mengikuti kedua lomba bisa dilihat di https://pariwisatasolo.surakarta.go.id/lombalogomaskot/

Baca Juga: Presiden Jokowi Bertemu Presiden MBZ di Bali Dengarkan Pembacaan Nota Kesepahaman

Adanya kompetisi ini didasari dengan beberapa alasan, antara lain sebagai landasan baru Pemerintah Kota Surakarta dalam merumuskan program pembangunan kedepannya, dengan berlandaskan nilai-nilai ‘jiwanya Jawa.’ Hal ini sesuai dengan simpulan yang diperoleh pada saat pertemuan representasi Stakeholder pada 12 Juli dan 25 Oktober 2022.

Selain itu, alasan tersebut sejalan dengan twit Walikota Surakarta tanggal 9 Oktober 2022. Meskipun sebetulnya dinilai masih relevan, namun perlu dilakukan penyegaran terhadap tampilan logo Solo The Spirit of Java tanpa pengubah tagline dan makna yang terkandung didalamnya. Penyegaran ini diharapkan dapat bertahan terhadap perkembangan zaman hingga 15 tahun mendatang.

Sementara, untuk lomba maskot merupakan suatu bentuk memajukan nilai-nilai kebudayaan yang diharapkan dapat melestarikan, mengelola, mengembangkan dan memanfaatkan potensinya untuk peningkatan ekonomi serta kesejahteraan masyarakat.

Baca Juga: Presiden Jokowi: G20 Harus Hasilkan Sesuatu Yang Nyata Bagi Dunia

Pemilihan tokoh Rajamala bukan merupakan tanpa arti. Pasalnya, keputusan ini telah dirundingkan oleh budayawan dan praktisi terkait untuk memilih Rajamala sebagai ikon maskot Kota Solo.

Halaman:

Editor: Setiyo Bardono

Sumber: Surakarta.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sastra dan Tauhid

Minggu, 8 Januari 2023 | 13:03 WIB

Bandung, Bandung, Bandung

Rabu, 4 Januari 2023 | 18:22 WIB

Pesantren, Puisi, Bahasa

Rabu, 14 Desember 2022 | 15:37 WIB

Pembaca: Dulu dan Kini

Rabu, 14 Desember 2022 | 13:19 WIB

Tanggung Jawab: Sastra dan Agama

Selasa, 6 Desember 2022 | 09:46 WIB

Resensi Buku: Ketakjuban Sepak Bola

Rabu, 30 November 2022 | 20:36 WIB

Pembaca Sepak Bola

Minggu, 27 November 2022 | 22:29 WIB

Kaum (Pemuja) Buku

Minggu, 27 November 2022 | 22:21 WIB

Merawat Budaya Melalui Diplomasi Kopi Nusantara

Senin, 21 November 2022 | 14:19 WIB
X